Jumat, 19 Agustus 2011

Jelang Hari Raya, Big Sale Marak

"BIG SALE". Selama Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1432 H ini hampir setiap perjalanan dipenuhi baligho tersebut,atau bahkan setiap anda menemui beberapa toko dimanapun, baik di Mall, Trade Center, atau Factory Outlet dalam semua jenis Fashion anda akan melihat tanda merah bertuliskan "SALE" atau "Discount". Discount nya bisa bermacam-macam, mulai dari 5% sampai 80% atau dengan bahasa lain, misalnya "Buy 2 Get 1 Free" atau "Buy 1 Get 1 Free", dan lain-lain. Sehingga, karenanya jalanan hampir selalu macet dipenuhi dengan orang-orang yang ingin menikmati diskon-diskon tersebut,terutama di Bandung yang sangat terkenal dengan pusat fashionnya.
Perusahaan sebagai pemenuh "Need & Want" konsumen harus sangat memperhatikan "Consumer Behavior" atau "Perilaku Konsumen" dalam strategi pemasaran. Perilaku Konsumen menurut Schiffman, Kanuk (2004, p. 8) adalah perilaku yang ditunjukkan konsumen dalam pencarian akan pembelian, penggunaan, pengevaluasian, dan penggantian produk  dan jasa  yang  diharapkan  dapat memuaskan  kebutuhan  konsumen.
Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah : Faktor Sosial, Faktor Personal, Faktor Psikologi, dan Faktor Kebudayaan. Faktor Kebudayaan merupakan faktor penentu paling dasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Mengapa? karena budaya, mengkompromikan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan, dan perilaku yang dipelajari seseorang secara terus-menerus dalam sebuah lingkungan.  Masyarakat Indonesia memiliki budaya menggunakan baju baru disaat Hari Raya, terutama kaum muslim dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri. Setiap orang, merasa memiliki keharusan untuk membeli baju baru yang nantinya digunakan ketika Hari Raya tiba. 

Perusahaan yang sangat paham dengan budaya masyarakat Indonesia tersebut pasti menggunakan strategi pemasaran dengan diadakannya "BIG SALE" atau Berupa "DISCOUNT" sebagai upaya memenuhi "Need & Want" semua segmen  konsumen. Dengan adanya embel-embel tersebut, konsumen akan semakin tertarik untuk membeli produk perusahaan, semua konsumen dengan strata ekonomi yang berbeda-beda dari yang terendah sampai yang tertinggi bisa membelinya, tinggal memilih saja sesuai potongan harga yang tersedia dan kemampuannya membeli. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar